12 Fakta Menakjubkan Tentang Berlian

Berlian dari Yunani Kuno: adámas, yang berarti “tidak bisa dipecahkan”, “tepat”, atau “tidak dapat diubah”) adalah salah satu batu permata yang paling terkenal dan paling dicari. Berlian telah digunakan sebagai benda dekoratif sejak zaman kuno .

Berlian digunakan dalam cincin pertunangan. Praktek ini didokumentasikan di kalangan aristokrasi Eropa sedini abad ke-15, meskipun rubi dan safir adalah batu permata yang lebih diinginkan. Popularitas modern berlian sebagian besar diciptakan oleh De Beers Consolidated Mines Ltd., yang mendirikan tambang berlian berskala besar pertama di Afrika Selatan. Melalui kampanye iklan yang dimulai pada 1930-an dan berlanjut hingga pertengahan abad ke-20, De Beers membuat berlian menjadi bagian penting dari proses pertunangan dan simbol status yang didambakan.

Untuk merayakan gemstones yang mempesona ini, kami telah mengumpulkan lima belas fakta menarik dan sedikit pengetahuan tentang asal dan sejarah berlian:

  1. Orang Romawi dan Yunani kuno percaya bahwa berlian adalah air mata yang diteteskan oleh dewa-dewa atau serpihan dari bintang jatuh, dan orang Romawi percaya bahwa panah-panah dewa Asmara ditorehkan dengan berlian (mungkin asosiasi paling awal antara berlian dan cinta romantis).
  2. Berlian terbentuk sekitar 100 mil di bawah tanah dan telah terbawa ke permukaan bumi oleh letusan gunung berapi dalam.
  3. Berlian terbuat dari satu elemen yaitu hampir 100% karbon. Di bawah panas dan tekanan luar biasa jauh di bawah permukaan bumi, atom karbon terikat dengan cara unik yang menghasilkan struktur kristal yang indah dan langka dari berlian.
  4. Kata berlian berasal dari kata Yunani “adamas,” yang berarti tak terkalahkan atau tidak bisa dihancurkan.
  5. Berlian adalah substansi alami yang sangat sulit. Satu-satunya hal yang bisa menggores berlian adalah berlian lain.
  6. Berlian telah dihargai dan didambakan selama ribuan tahun. Ada bukti bahwa berlian sedang dikumpulkan dan diperdagangkan di India pada awal abad keempat SM. Pada abad pertama Masehi, naturalis Romawi Pliny dikutip mengatakan, “Berlian adalah yang paling berharga, bukan hanya dari batu mulia, tetapi dari semua benda di dunia ini.”
  7. Orang-orang Hindu kuno menggunakan berlian di mata patung-patung kesalehan, dan percaya bahwa berlian dapat melindungi pemakainya dari bahaya.
  8. Selama berlian Abad Pertengahan dianggap memiliki sifat penyembuhan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari kelelahan hingga penyakit mental.
  9. Negara-negara yang merupakan sumber utama berlian telah berubah seiring waktu. India adalah sumber berlian asli dunia, dimulai pada tahun 1400-an ketika berlian India mulai dijual di Venesia dan pusat perdagangan Eropa lainnya. Kemudian pada tahun 1700-an, persediaan berlian di India menurun dan Brasil menjadi sumber berlian utama dunia, hingga akhir 1800-an ketika cadangan berlian besar ditemukan di Afrika Selatan. Hari ini, berlian ditambang di banyak bagian dunia. Semua berlian Brilliant Earth berasal dari tambang di Kanada, Botswana, Namibia, dan Rusia.
  10. Berlian terbesar yang pernah ditemukan disebut berlian Cullinan, dan ditimbang dalam 3106 karat yang menakjubkan, atau 1,33 pon. Ditemukan pada tahun 1905 di Afrika Selatan, pemilik tambang dan para pemimpin Afrika Selatan memberikan berlian kepada Raja Edward. The Cullinan akhirnya dipotong menjadi sembilan berlian besar dan 100 yang lebih kecil, dan tiga terbesar ini dipamerkan di Menara London sebagai bagian dari permata mahkota.
  11. Penggunaan cincin pertunangan berlian yang pertama kali diketahui terjadi pada 1477, ketika Archduke Maxmillian dari Austria memberi Mary of Burgundy cincin emas yang menampilkan M yang dieja dengan berlian.
  12. Fakta-fakta intan yang paling menakjubkan dari semua: Para ilmuwan telah menemukan sebuah planet yang mereka yakini sebagian besar terdiri dari karbon, dan merupakan berlian murni sepertiga! Ditemukan pada tahun 2004, planet ini mengorbit bintang terdekat di Milky Way, dan diberi nama “55 Cancri e”. Mungkin lebih menakjubkan lagi, para ilmuwan telah menemukan bintang yang pada dasarnya adalah berlian sepuluh miliar triliun triliun karat. Mereka menamai bintang Lucy setelah lagu Beatles “Lucy in the Sky with Diamonds.”

Share this post